Belajar Mengenal dan Memulai Pemograman Java Pemula


Java Tutorial



  • PENGENALAN


Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code(bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). 


Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi.



  • Sofware


Sebelum kita memulai pemograman kita akan membutuhkan beberapa software: 



  1. JAVA SE : Java SE digunakan untuk membangun dan deploy Java Aplikasi di Desktop ataupun di server, dan juga di Embedded Environments. Java SE berisi inti dari Java Programming Language Libraries.  Componen dari JAVA SE adalah Java Development Kit (JDK), Java Runtime Environment (JRE) and Java SE application programming interface (API).
  2. Kita bisa menggunakan salah satu  dari 3 IDE : NetBeans, Ecplise, dan IntellijIDEA 
Java pun memiliki package manager yang mulai populer sejak digunakan di Android Studio yang bernama Gradle. Yah Java yang diciptakan oleh James Gosling ini memang diambil dari sebuah nama pulau dimana James berlibur di Indonesia. Bahkan ada beberapa package Java yang diambil dari nama - nama daerah di Indonesia seperti Jakarta Struts dan Lombok.

Baiklah, kita akan memulai mencoba bahasa pemrograma Java, jika Anda belum pernah mencobanya.

  • Memulai Programming

  1. Getting Started : Hello World


Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget