Pengertian Komputer


Definisi Komputer

Istilah Komputer paling sederhana adalah Mesin Hitung elektronik cepat yang menerima informasi input terdigitalisasi, mengolahnya sesuai dengan daftar instruksi yang tersimpan secara internal dan memberikan informasi atau sebagai ouput/hasil. (Carl Hamacher, Zvonko Vranesic dan Safwat Zaky)



Semua komputer memiliki 4 fungsi:

  • Pengolahan data - Data processing : manipulasi data kedalam bentuk yang lebih berarti berupa informasi, sedangkan informasi adalah hasil dari kegiatan-kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kegiatan atau peristiwa.
  • Penyimpanan data - Data storage : berasal dari bahasa Inggris "computer data storage" sering disebut sebagai memori komputer, merujuk kepada komponen komputer, perangkat komputer, dan media perekaman yang mempertahankan data digital yang digunakan untuk beberapa interval waktu. Penyimpanan data komputer menyediakan salah satu tiga fungsi inti dari komputer modern, yakni mempertahankan informasi. Ia merupakan salah satu komponen fundamental yang terdapat di dalam semua komputer modern, dan memiliki keterkaitan dengan mikroprosesor, dan menjadi model komputer yang digunakan semenjak 1940-an.
  • Pemindahan data - Data movement : mengirim atau menerima data dari komputer satu ke komputer lainnya, agar proses pengolahan data agar lebih mudah.
  • Kendali - Control : di kerjakan oleh seseorang dengan memasukkan perintah-perintah ke dalam sistem komputer, lalu komputer akan mengerjakan sesuai dengan perintah-perintah yang telah di input oleh manusia.

Tipe-Tipe Komputer

Tipe Komputer sangat bervariasi dalam hal :
  1. Ukuran
  2. Biaya
  3. Daya Komputasi
  4. Tujuan Penggunaan
Tipe Komputer berdasarkan Tujuan Penggunaannya yaitu :
  • Personal Komputer : banyak digunakan di rumah-rumah, sekolah-sekolah dan kantor-kantor dan bisnis. Personal Computer merupakan bentuk paling umum dari komputer dekstop.
  • Dekstop Komputer : memilki unit pengolahan dan penyimpanan, display visual dan Unit Output audio, dan keyboard yang dapat ditempatkan secara mudah dimeja rumah dan Kantor.
  • Netbook / Laptop : versi ringkas dari personal komputer dengan semua komponen paketnya dalam unit tunggal Seukuran koper tipis.
  • Komputer Server : komputer yang menawarkan suatu layanan tertentu kepada komputer atau jaringan lain. Salah satu jenis server adalah file server(server file), server file menyediakan layanan penyimpanan dan penemuan kembali (retrieval) file-file.
  • Workstation : Dengan Kemampuan input/output grafis resolusi tinggi, sekalipun masih tetap memakai dimensi komputer dekstop, namun memiliki daya komputasi yang lebih signifikan daripada personal computer.
  • Personal Digital Asisstant (PDA) : sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa ke mana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo.
  • MainFrame Komputer : komputer yang digunakan terutama oleh organisasi-organisasi besar untuk aplikasi kritis, pengolahan data massal seperti sensus, industri dan statistik konsumen, perencanaan sumber daya perusahaan dan proses transaksi.
  • Super Komputer : komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya.
  • Wearable Komputer : teknologi komputer yang bisa dipakai layaknya pakaian dan atau menempel di tubuh pemakainya.

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget